Travel

7 Pantai Indah di Sepanjang Uluwatu yang Wajib Dikunjungi

Bali punya  banyak pantai cantik dengan karakteristik yang unik. Uluwatu termasuk salah satu wilayah yang punya berbagai pantai yang diburu pecinta matahari terbenam.  Pantai-pantai yang didominasi kontur tebing kapur sangatlah mempesona. Selain  Garuda Wisnu Kencana yang makin megah setelah terus-menerus berbenah, beberapa pantai cantik ini layak untuk kita kunjungi

Pantai Tegal Wangi

     

Pantai yang satu ini belum terlalu ramai. Berdampingan dengan Pura Segara di pinggir tebing yang menjorok ke laut. Di pinggir tebing itu beberapa pemancing tampak sibuk dengan kailnya. Untuk sampai ke pantai di bawah kita perlu menuruni beberapa anak tangga. Kita akan disambut oleh pasir putih dan buih gelombang kecil yang berubah keemasan kala matahari perlahan tenggelam.

 

Di pinggir pantai terdapat beberapa cekungan yang mirip kolam-kolam kecil alami. Beberapa pengunjung memanfaatkan cekungan-cekungan tesebut untuk sekedar berendam atau mencelupkan kaki. Persiapkan tumbler kita, karena belum terlalu banyak pedagang terlihat di Pantai Tegal Wangi ini.

Blue Point Beach

Pantai yang satu ini punya ombak yang lumayan besar dan menjadi surga buat para surfer. Untuk sampai ke pantai Blue Point kita perlu melewati jalan di sebuah kompleks perumahan, sedikit membingungkan di awal perjalanan, namun gps dan sign board yang ada lumayan membantu. Pantai Blue Point tidak terlihat dari atas, kita harus parkir di sebuah pos di pinggir perumahan, lalu melewati beberapa toko souvenir dan tempat penyewaan papan surf.  Untuk sampai ke pantai di bawah, kita bisa menuruni tangga batu yang lumayan panjang.

  

Blue Point Beach terdiri atas beberapa gua dan luang batu yang eksotis bentuknya. Dari arah luar pantainya seperti tertutup dinding batu, untungnya ada Bli penjaja es krim yang dengan sukarela menunjukkan jalan untuk sampai ke pantai. Kita bisa duduk-duduk dibawah gua untuk bisa menikmati pemandangan dan angin pantai. Beberapa batu besar dengan dasar karang-karang kokoh bisa menjadi view cantik yangmemperindah pose selfie kita. Namun kita  harus bersiap untuk basah karena ombak Blue Point yang cukup besar.

 

Green Bowl Beach.

Siapkan stamina kita jika kita ingin menikmati indahnya Green Bowl Beach ini. Pastikan betis dan paru-paru kita cukup tangguh  untuk menaiki ratusan tangga dalam perjalanan pulang. Perjalanan menuruni tangga tidak terlalu melelahkan dan terbayar dengan damainya biru tosca pantai Green Bowl. Semak dan pepohonan kecil di sepanjang anak tangga juga memberi tambahan udara segar. Namun solo traveler sebaiknya naik sebelum hari mulai gelap, I would not recommend you to struggle to walk up                                                                                                     those stairs in the darkness.

Pantai ini berpasir putih dengan satu gua besar yang enak untuk duduk-duduk menikmati pantai. Pantainya sangat bersih dengan air turquoise yang sangat bening. Namun kita harus memperhatikan waktu-waktu tertentu untk mengunjungi pantai ini. Pastikan untuk tidak mengunjunginya di saat pantai pasang. Saya beruntung masih sempat menikmati sedikit area pantai sebelum air pasang.

Pantai Padang-Padang

Pantai Padang-Padang atau pantai Labuan Sait ini makin happening karna merupakan salah satu setting film Eat, Pray, Love yang terkenal itu. ketenaran ini berujung pada keramaian yang berpengaruh juga akan kebersihan pantainya. Saya sedikit miris melihat banyak sampah plastik di tangga untuk turun ke pantai. Pantai ini berada di bawah satu Pura dengan fasilitas yang cukup banyak. Ada beberapa toilet dan toko-toko minuman di bawah. Untuk   mereka yang ingin belajar berselancar pun ada beberapa instruktur yang siap mentransfer ilmunya.

Ciri khas Pantai Padang-Padang adalah beberapa batu besar yang ada di tengah-tengah pantainya. Try to strike view poses between those rocks, its worth a try.  

Pantai Gunung Payung.
    

Pantai Gunung Payung termasuk pantai yang sedang dalam masa pengembangan. Uniknya di pantai ini terdapat penyedia olahraga paragliding yang menambah seru pemandangan pantainya. Di atas di tepian sebuah Pura terdapat beberapa tenda penjual minuman dan makanan. Juga tersedia fasilitas toilet yang memadai. Kita akan melewati tangga dan semacam tempat pertunjukan sebelum melewati sebuah jalan yang dibatasi tebing putih yang lumayan tinggi. Tembok tebing itu sekilas terlihat seperti tebing pantai Melasti yang happening itu.

Di tepian atas pantai terdapat banyak pohon bungur yang bunganya sekilas terlihat seperti bunga sakura pink yang cantik.  I’m lucky enough to captured those beautiful flower. Pantainya langsung terlihat dari atas, namun kita perlu menuruni banyak sekali tangga untuk bisa menikmati air pantai Gunung Payung. Pasir pantainya putih, dan air lautnya biru bening, dengan kolam-kolam kecil yang membentuk aquarium alami yang cantik dengan berbagai biota lautnya.

  

Pantai Pandawa.

     

Pantai ini lumayan crowded, mungkin dikarenakan fasilitasnya yang sangat lengkap. Ciri khas pantai ini adalah patung lima Pandawa yang terdapat di pinggiran tebing  pantai ini.  Jalan masuk ke pantai ini adalah jalan mulus beraspal yang terlihat seperti membelah tebing batu kapur.  Di sepanjang pinggiran pantai kita bisa menemukan warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman. Bahkan terdapat pulakafe-kafe lengkap dengan laybed dan sofabed di tepian pantai.

Pantai Balangan.

Pantai-balangan-uluwatu-bali      

Pantai yang satu ini punya satu tebing iconic yang sangat cantik saat matahari terbenam. Pemandangannya magnificent baik di atas maupun di bawah bibir pantai. Jangan heran kalau kita akan menemukan beberapa  sesi prewedding photo yang menunggu birunya langit berubah menjadi jingga kemerahan. Luangkan waktu lebih untuk memastikan kita tiba di sana sebelum si bulat little miss sunshine pudar bersama mega.

Pantai-cantik-uluwatu-Balangan-Bali
Pantai Balangan

Itulah beberapa pantai  cantik yang bisa kita kunjungi di sepanjang jalan raya Uluwatu. Just arrange your plan trip and  let me know your favourite then…

Show More

Muti

Kids trainer who loves food, travel and diy stuff. Always love to learn about life and how to live with it.

58 thoughts on “7 Pantai Indah di Sepanjang Uluwatu yang Wajib Dikunjungi”

  1. Aku mau SURFING!!! Kayaknya klo latian tiap Hari gampang deh…anak2 Aja bisaa #efekFilmKulariKepantai 😂

    Nama pantainya serasa dunia One Piece kak,,,Blue Point,Green Bowl… Kurang pantai Red aja nihh #apasik Ndar

  2. Ah Pantai Tegal Wangi, aku pernah ke sana tuh. Aku juga pernah ulas pantai itu di blogku hehe… Tapi yang lain belum pernah dikunjungi. Anyway, Thank you ya udah kasih tau nama-nama pantai yang gak populer di Bali tapi jadi penasaran untuk ke sana.

  3. Green Bowl Beach ga recommend buat nikmatin sunrise ya kak. Bali klo di telusuri ga ada habianya pantai indah2 aku suka di balangan soalnya bisa nikmati sunrise. Sambil menenggelamkan kenangan di kegelapan. Heheheh

    1. Whoaaa… Baru tau kalo Balangan asik sunrisenya, tapi ngejarnya pe er yah, gw biasa stay seputaran dewi sri sunset road soalnya. Mungkin bisa dicoba nginep di maxone dulu kali yah biar ngejar… Hehehe…

  4. Hmm jadi kangen Bali.. udah berapa tahun enggak ke Bali hehehe.. ternyata Uluwatu banyak ya pantai sepanjang jalannya. Dulu cuma menikmati tebing Uluwatunya aja, trus turun ke Jimbaran dan makan.. wkwkwk..

  5. Banyak ya Mbak, pantai indah sepanjang uluwatu. Sepertinya, dari 7 yang Mbak sebutkan, baru Pandawa dan Blue Point Beach yang baru saya kunjungi. Duh jadi kepengen sunset dan sunrise di Pantai-pantai tersebut sembil nulis puisi…

    1. Yang aman buat main air dan berenang sepertinya Pantai Pandawa, Gunung Payung dan Tegal Wangi. Pantai lainnya lebih cocok untuk surfing karena ombaknya lumayan besar.

  6. setuju kak mutii kalo Bali punya banyak pantai cantik dengan karakteristik yang unik. tapi, segitu temen2 aku udh bulak balik ke Bali beberapa kali aku belum sampe-sampe juga ke sana hihihihi.

    aku jadi ingin berlari ke pantai kemudian berfotoku 😀 😀 😀

    1. Adek gw living in Bali, Mba Kar. Jadi lumayan diusahakan buat silaturahmi sekaligus blusukan kalo pas ke sana. Ayo lari beneran ke pantai, nonton film aja kurang seru… Hehehe.

  7. “Bali punya banyak pantai cantik dengan karakteristik yang unik. Uluwatu termasuk salah satu wilayah yang punya berbagai pantai yang diburu pecinta matahari terbenam. Pantai-pantai yang didominasi kontur tebing kapur sangatlah mempesona. Selain Garuda Wisnu Kencana yang makin megah setelah terus-menerus berbenah, beberapa pantai cantik ini layak untuk kita kunjungi”

    GWK itu termasuk pantai, kah?

    1. Bukan, Kak Maria…hehehe…
      Tapi Cultural Park yang satu itu lokasinya di jalan raya Uluwatu juga, jadi bisa mantai abis dari sana.

      Any suggestion to make that part better, Kak? Thank You in advance 😘😘

  8. Pantai Pandawa yang familiar dengan telinga saya, soalnya beberapa teman sekilas pernah merekomendasikan pantai ini. Kalu dari tulisan mbak Muti, pantai ini memang populer banget.

  9. Duuh jadi kangen bali nih kak, padahal baru aja bulan lalu abis dari bali. Bali emang gak pernah ngebosenin ya kak. Selalu ada tempat baru yang wajib di kunjungin

  10. Waaah ada surga-surga tersembunyi di Uluwatu yang masih sepi pengunjung ya, Kak 😍 Btw, sepertinya menarik nih paragliding di Pantai Gunung Payung dengan view bunga bungur yang bermekaran dan birunya laut.

    1. Iya, best sunset ever. Sebenernya ga pinggir jalan banget sih, Dik Antin. Tetep blusukan juga, cuma aksesnya melalui jalan raya Uluwatu. Hayuk kapan eksplore Bali?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close