DIY ProjectTravel

Membuat Rak Heksagonal, Woodworking Project Pertama Saya.

Rak Heksagonal adalah dekorasi rumah impian saya. Melihat price tag-nya yang lumayan menguras isi kantong, saya urung membelinya. Ternyata Tuhan memeluk impian saya melalui workshop Hobikayu di Bekasi. Iya, di Bekasi. Dekat rumah dan dengan HTM yang sangat terjangkau pula. How God blessed me in such a wonderful way. Mau tahu cara pembuatan serta alat-alat dan bahan apa saja yang saya butuhkan? Lanjut baca cerita saya yah….

pembuatan-rak-heksagonal-bersama-hobikayu-bekasi
The Workshop. picture by : Hobikayu Bekasi

Perempuan main kayu? Terdengar awkward , yah? Begitupun teman-teman sekerja saya hanya bisa geleng-geleng kepala waktu saya membuka omongan tentang cuti yang harus diambil untuk mengikuti workshop ini. Well, Bapake, demikian saya menyebut ayah saya tercinta, adalah lulusan sekolah teknik sipil yang suka mengotak-atik kayu di kala senggang waktu ada masa reses pengerjaan proyeknya. Beberapa meja serta rak di rumah adalah desain dan hasil keterampilan tangannya. I do love seeing him playing with those tools and raw materials.

Bermain kayu semacam me time buat Bapake, mungkin semacam waktu bersenang-senang walau terlihat melelahkan. Karena itu saya tidak pernah punya kesempatan untuk belajar merecoki alih-alih membantu Bapake dan membuat sendiri kriya kayu saya. Sewaktu melihat postingan @hobikayubekasi di laman Instagram, saya langsung menghubungi narahubung Hexagonal (Honeycomb self) Woodworking Class dan mendaftarkan diri saya. Oh iya, workshop ini terbuka untuk umum, untuk para nubie seperti saya sekalipun.

Kelas membuat rak heksagonal ini diadakan di Fakultas Teknik Sipil di Universitas Islam 1945, Bekasi. Beberapa sponsor turut bekerja sama mendukung acara ini. Pihak sponsor inilah yang turut serta menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk pembuatan rak heksagonal. Bagi pemula seperti saya, yang sama sekali awam soal merk serta pilihan bahan yang akan digunakan, partisipasi pihak sponsor ini tentunya menjadi bahan referensi serta pengetahuan baru.

Kelas dibuka dengan pengenalan komunitas woodworking HobiKayu yang ternyata diresmikan sejak April 2015. Komunitas ini punya visi dan misi yang keren loh. Komunitas ini ingin menjadi Komunitas Kriya Kayu yang diakui di Indonesia dan dunia serta menjadi wadah untuk meningkatkan keilmuan dan kekaryaan untuk mendukung pengembangan industri dan ekonomi kreatif Indonesia. Komunitas ini juga ingin agar pegiat kriya kayu bisa naik kelas dari carpenter menjadi woodworker yang mampu meningkatkan nilai artistik dan nilai jual kriya kayu yang mereka hasilkan.

ALAT DAN BAHAN
Untuk memulai membuat rak heksagonal, setiap peserta diwajibkan untuk menggunakan beberapa peralatan keamanan sebelum memulai kegiatan perkayuan. Alat-alat tersebut adalah :

  1. Masker.
    safety-dear-pembuatan-rak-heksagonal
    Safety Gear
  2. Kacamata.
  3. Apron.
  4. Headphone.
  5. Steker listrik/chord listrik yang aman

Selain Safety gear tersebut, kondisi fisik yang prima juga diperlukan dalam proses pembuatan kriya kayu. Penggunaan beberapa power tools juga menuntut woodworker untuk selalu fokus dalam tiap tahapan proses pengerjaan rak heksagonal ini.

Setelah semua peralatan safety tersedia, kita perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan berikut :

1. Kayu pinusjati belanda ukuran 8-9*1140-150*1,8.
2. Papan MDF 3mm.
3. Kertas amplas no 240.
4. Lem kayu merk Crona
5. Paku kayu 3/4 Inch dan palu.
6. Finishing teak oil merk Propan.
7. Mesin amplas Krisbow.
8. Mesin mitre saw Krisbow.
9. Mesin jigsaw Krisbow.
10. Mesin trimmer Krisbow.

CARA PEMBUATAN

Pemotongan

1. Ukur kayu dengan panjang 18 cm.
2. Potong kayu dengan sudut kemiringan 30 derajat dengan          mitresaw.
3. Haluskan  kayu dengan amplas no 240.

Ini pertama kalinya saya memotong kayu menggunakan mitre saw Krisbow, rasanya menegangkan. Selain karena alatnya cukup besar, bunyi bising yang dihasilkan saat mata gergaji mengenai kayu juga membuat saya merasa sedikit ngeri. Memotong menggunakan mitre saw Krisbow ini sangat efisien, karena untuk menghasilkan 6 potongan kayu dengan sudut 30 derajat, kita hanya perlu melakukan satu kali pengukuran di awal.

peraakitan-dan-finishing-rak-heksagonal
Perakitan dan Finishing

Perakitan

  1.  Pasangkan keenam kayu dan rekatkan tiap sudut       sambungan dengan lem Crona.
  2. Gunakan karet ban untuk membuat bentuk heksagonal lebih presisi.
  3. Cocokkan heksagonal dengan triplek MDF, tempel dengan lem Crona,potong triplek menggunakan mesin jigsaw Krisbow.
  4.  Tunggu hingga lem kering dan rapikan tiap sisi dengan mesin trimmer Krisbow.

Menggunakan power tools untuk pertama kali dengan suara bising di sekitar membutuhkan effort untuk tetap fokus. Beruntunglah Kakak-kakak fasilitator dengan sabar menunjukkan bahkan akhirnya membantu proses penggunaan power tools tersebut.

saya  juga harus memperhatikan aplikasi lem Crona pada sambungan sudut-sudutnya. Tidak boleh terlalu tebal, juga jangan terlalu tipis. It’s a bit tricky, saya juga mengalami sedikit kesulitan dalam proses ini, satu sisi heksagonal saya kekurangan lem dan harus disambung dengan paku. Perkara paku memaku pun punya kesulitannya sendiri. Tapi segala sesuatu akan lancar setelah kita sering melakukannya, bukan?

Finishing

Memberi sentuhan akhir pada rak heksagonal membutuhkan ketelatenan ekstra. Setelah memastikan triplek MDF telah dilem dan terpaku rapat pada kotak heksagonal, tunggu hingga lem kering dan siapkan Propan Teak Oil. Sebelum kita mengaplikasikan teak oil, pastikan kehalusan permukaan rak heksagonal kita. Walaupun menggunakan mesin dapat menghemat waktu pengamplasan permukaan kayu, namun pengamplasan manual lebih dianjurkan untuk menonjolkan tekstur dan motif kayu jati belanda. Proses pengamplasan pun diusahakan dengan gerakan satu arah untuk menghasilkan permukaan yang rapih, cantik, dan artistik. Lumayan sulit bagi saya yang cenderung tidak sabaran. Jadi, jika kalian perlu latihan kesabaran, cobalah bermain amplas.

Seperti kebanyakan komunitas lain, Hobikayu Bekasi juga mewadahi anggotanya dengan Whatsapp group dan website www.hobikayu.com. Komunitas Hobikayu terbagi atas beberapa chapter regional yang rutin mengadakan acara-acara kopdar sehingga anggotanya bisa saling berbagi serta menimba ilmu-ilmu baru. Untuk mengenal lebih lanjut berbagai kegiatan serta buah karya pegiat swakriya kayu ini, kita bisa stalking di beberapa sosial media berikut.

sosial-media-hobikayu-rak-heksagonal
Sosial Media Hobikayu

Psssssst…untuk rencana mendatang komunitas ini memberi bocoran informasi kelas kriya kayu berikutnya loooh. Kabarnya di kelas berikutnya akan ada workshop pembuatan nakas. Dalam hati saya berharap semoga jadwal dan budget yang harus dikeluarkan pas pada saatnya nanti.

Nakas-rak-heksagonal-diy-project
Nakas, pic by : Hobikayu Bekasi

Semoga di lain waktu saya diberi kesempatan untuk dapat membuat planter untuk Malabar Spinach dan edible flower saya lainnya. Amien.

Tags
Show More

Muti

Kids trainer who loves food, travel and diy stuff. Always love to learn about life and how to live with it.

Related Articles

86 thoughts on “Membuat Rak Heksagonal, Woodworking Project Pertama Saya.”

    1. Hahaha… Agak sulit dokumentasi pas mainan jigsawnya Kak Nassa, pake alatnya gantian soalnya. Nanti coba share di sosmed deh picturenya.

  1. Wah keren, KakMut!! Aku suka naksir rak heksagonal tapi harganya mahal memang. Ternyata ada workshopnya ya, menarik nih buat dicoba. Btw, hasil rak heksagonal kakak ga di share nih? Mau lihat deh 🙂 Terus setelah jadi, karya kita boleh dibawa pulang ga?

  2. wah iya ya lucu. bisa bikin dekor ala-ala rustik gitu. Tapi rak heksagonal kayu yang homemade ini kuat ga kak? bisa buat jadi display buku ga?

    1. Kayanya kalo buku kurang pas Kak Wulan, lebih cocok untuk dekorasi sepertinya. Tapi kalo bukunya ga tebel amat, mungkin cocok… Hehehe…

    1. Terima kasih Kak Arlind. Belum punya tema traveling, mau fokus di diy pun belum sanggup… Hehehe… Iya, tapi aku baru blm nyebur ke komunitasnya kok, Kak. Baru nyoba ikut workshop yang sesuai sama waktu dan budget. Dilema karyawan yang masih kerja rodi di hari Sabtu 😂😂

    1. Baru nyoba Kak Inez, belum ngerti. Inipun sering pake tampang melas minta dibantuin sama fasilitatornya. Tapi aku emang diy freak sih, kebanyakan maunya soalnya… Hehehe…

  3. Wah. Seru dan menarik. Dan wownya lagi ternyata ada komunitas seperti ini di Bekasi. Sering liat ini ide ide kreatif macam begini di video bright side atau pinterest. Ka mutee malah praktek langsung. Boleh nih di buatin rak heksagonal sama kak mute.

    1. Boleh… Boleh… Tunggu aku bisa beli semua powertools nya yah… Hehehe… Ada di jabodetabek dan kota-kota lainnya juga kok, Uni. Coba main ke websitenya aja.

    1. Takut, Kak Dew. Tapi ketakutan itu untuk dihadapi, kan? Tsaaaah. Belum secanggih Bapake, sekarang bisa request, lagi belum ada project soalnya Bapake. Jadi sibuk renov2 rumah sendiri aja deh… Hehehe..

    1. Hobikayu ada chapter Depok nya juga Mas Agus, coba cek ombak aja di sana. Walopun ada tiap bulan belum tentu bisa join juga sih. Sampe sekarang juga belum jadi member… Hehehe..

  4. Wah kereen kaak.. duh akupun ingin sekali punya rak dan nakas lucu2 itu.. sering kepoin olshop furniture.. hahaa.. aku juga suka ngeri kalo liat alat potong kayu.. cuma kalo pas lagi nyambung2 kok keliatannya menyenangkan.. hihi

  5. Ahhh kerenyaa. Setiap aku ke Ikea, Axe Hardware dan sejenisnya selalu naksir rak-rak unik begini tapi harganya woow sekali. Rak Heksagonal emang kece dijadikan pajangan rumah ya Kak. Ingin banget bisa bikin craft, tapi motorik skill aku jelek ahhhaha.

    1. Ikut workshop aja Kak Yun, banyak yang bantuin dan lebih seru karena rame-rame. Coba cek ig brotherwood bandung, Princess Parahyangan, mereka tiap weekend ada workshopnya. Bisa nostalgia jaman kuliah dulu juga, kan?

  6. DIY-nya Kak Muti keren banget, ih. Sekarang rak hexagonal, besok nakas, terus lama-lama bisa bikin lemari baju, tempat tidur, dll. Waah, jadi pengusaha, deh. Peralatan kayu kayak gitu bagus2 banget memang. Aku sering lihat di instagram dan di bahan2 tulisan aku ttg interior.

    1. Banget, Kak Eka. Apalagi kalo liat temen sebelah udah pada jadi duluan, rasanya tuh gimanaaa gitu. Hehehe… Waiting for your story too 😊

    1. Lebih ke senang karena sudah bisa bikin sendiri dengan beberapa bantuan, pastinya. Dan yang pasti lebih irit, Rama 😊. Senang bisa berbagi juga 😊

  7. Waah lumayan banget ya kak muti kalo punya keterampilan kayak gini, kita bisa buat sesuka hati. Kadang pun hal-hal seperti ini emang obat banget kalo kita lagi jenuh dengan rutinitas sehari-hari.

  8. Benar, rak-rak buku seperti ini mahal. Ternyata ada komunitasnya juga. Saya langsung search dan follow, semoga kedepan bisa ikut workshop nya

  9. Wow..keren banget ulasannya..
    Sekarang banyak ya komunitas komunitas yang bikin workshop workshop seperti. Kebetulan mantan pacar suka buat kerajinan kayu seperti ini..

  10. Ih aku mau kak kalo bisa bikin sendirii, bisa bikin suka suka kaaan, sesuai yang kita mau. Tapi susah ga sih ya kak? Apa butuh skill dasar jugaaaa?

  11. It looks so fuuuun…. dan terlihat mudah. Tapi yakin deh pasti enggak mudah merakit rak berbentuk heksagonal gitu kan, Kak? Aku membayangkan membuat rak dengan banyak peralatan seperti itu pasti asyik tapi kayaknya butuh biaya banyak juga kecuali ikut pelatihan seperti ini. Itu hasilnya bisa dibawa pulang dong ya?

  12. Aku sering liat nih di olshop gitu rak dinding atau nakas yang unik dan lucu berbahan dasar kayu. Harganya memang bikin waw ya kak, asik kalo bisa buat sendiri. Maulah kak info-info kalo ada acara lagi

  13. Apa aku doank yang baru tau kalo ternyata dunia perkayuan ada komunitasnya? 😂 Aku pernah kepikiran untuk buat kursi sama meja sendiri pake kayu-kayu bekas kak. Udah sempat cari referensi di Google juga, tapi emang belum kesampaian untuk bikinnya 😁

    1. engga Kok Kak Kal, akupun baru tahu setelah suka kepoin pinterest, banyak banget inspirasinya di sana. anw, aku tahu hobikayu gegara salah satu foundernya itu suaminya Hesti Purwadinata…hahaha…

  14. Aku juga mau rak hexagonal kayak gitu. Suamiku juga seorang carpenter, tapi masih newbie juga klo disuruh bikin yang utuh begini. Dia biasa finishing aja. Ini link tulisanmu langsung ku kirim ke suami. 8kode minta bikinin. Tengkyu yaa.

    1. Wuah…hati-hati nanti lup sama istri looh kalo udah sibuk main kayu. Lucu banget kan yah, rak heksagonalnya Kak Mae, coba intip aja hobikayu Jogja. Thank You for sharing Kak Mae.

    1. Solder aku belum pernah coba Kak Maria, masih agak ngeri pegang-pegang yang panas dan ada nuansa elektriknya. Anak teknik abal-abal akunya…hehehe…Thank You for reading yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close